Minggu, 01 Maret 2015

Tips dalam Berorganisasi






Berorganisasi merupakan tempat berkumpul dan melakukan berbagai aktifitas. Dalam Organisasi kita menghargai keberadaan orang lain, merasakan saling bergantungan, menambah teman, serta menambah keakraban. 


Berorganisasi bisa dibilang sulit-sulit gampang. Sulit kalo kita TIDAK KOMPAK dan tidak bisa mengatur waktu. 

Nah Berikut ini sedikit Tips pengalaman organisasi yang pernah saya alami :

1. Rapat Terlalu Sering Menjadikan Anggota Semakin Sedikit

Disini leadership diuji, kapan harus membuat rapat dilaksanakan. Jangan sedikit-sedikit mengadakan rapat.


Terlalu sering mengadakan rapat mengakibatkan anggota organisasi pada kabur. Kalo bisa saat mengadakan rapat materi yang dibahas jelas dan mendapatkan hasil. Tapi terlalu jarang juga berbahaya mengakibatkan progress yang didapat lambat.

2. Buat Perjanjian Sebelumnya

Berorganisasi tidak digaji dan tidak ada hukuman. Ini yang membuat sulit berorganisasi.
Hal ini bisa kita buat sebuah perjanjian. 

Sebagai contoh seandainya ada yang datang terlambat maka harus membawakan makanan atau bisa juga mendapatkan tugas. Ini efektif saya coba, lohh...

3. Kasih Kabar

Saat kamu berada dalam divisi tertentu dan mendapatkan tugas. Ingat jangan pernah untuk sulit untuk dihubungi atau tiba-tiba tidak ada kabar. Apapun yang terjadi berilah kabar, diusahakan untuk memberikan kabar pada mendadak. 


Tidak memberikan kabar dan memberikan kabar mendadak bisa mengakibatkan menghambat proses event yang kamu buat.


4. Jangan Sok Sibuk


Pernah nggak sih kalian liat orang yang sibuk ngatur sana-sini, mondar-mandir, komentar ini-itu padahal tugas dia aja belum selesai. Ada??? iyaa ADA. buat kalian klo kaya gini 
kemungkinan siap2 kalian bakal diomongin atau dijauhin, sukur2 ada yang bilangin.

Soo... lebih baik kalian Talk less, Do moree Menn.. Sedikit bicara, banyak melakukan sesuatu. Boleh banget kasih komentar tapi kalian juga mesti melakukan pekerjaan kalian sebaik mungkin.


5. Buat Board Schedule


Ini nih penting buat saya.. Organisasi kadang bisa buat kalian keteteran. Saking bingungnya melakukan yang mana dulu keteteran tugas kuliah sama kuliah organisasi. 


Nah.. lebih baik untuk jaga2 buatlah board schedule, pengingat tanggal dan tugas yang dikerjain lebih dulu. Lalu jangan buat tugas Numpuk diakhir, Nyicill lah tugasnya(Kata2 ini basi tapi kalo nggak diingetin bisa bahaya)


Ini merupakan board schedule yang saya buat:






PictureCredit : http://emsincorporated.com


| About Faisal Rahman |

Saat ini saya sebagai mahasiswa. Silahkan untuk hubungi saya di faisalrahmanmail@gmail.com 

Unknown Web Developer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar